6 Jenis Sayuran Sehat Untuk Campuran Salad

6 Jenis Sayuran Sehat Untuk Campuran Salad
Salad merupakan jenis makanan sehat yang terdiri dari macam-macam sayuran atau buah-buahan. Bukan hanya baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani diet, namun juga baik dikonsumsi oleh semua kalangan. Hal ini lantaran salad merupakan makanan sehat dan bergizi seimbang. Salad sendiri biasanya terdiri dari beberapa macam sayuran sehat yang kemudian terdapat topping saus pada bagian atasnya atau yang biasa kita sebut dengan dressing salad.

6 Jenis Sayuran Sehat Untuk Campuran Salad

Salah terdiri dari beberapa macam jenis sayuran sehat. Lalu apa saja jenis sayuran sehat dan apa manfaat dari mengkonsumsinya?

1. Bayam

sayuran sehat
Source: Freepik
Bayam merupakan jenis sayuran sehat yang sering kita temukan pada salad maupun sandwich. Sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang padat serta tinggi akan folat. Alasan lain mengapa banyak yang memasukkan bayam ke dalam campuran salad lantaran bayam bebas lemak,rendah kalori dan rendah kolesterol.  Selain itu, bayam juga tinggi akan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan mata dan juga kulit.

2. Selada

selada
Source: Freepik
Jenis sayuran hijau yang satu ini hampir selalu kita temukan pada burger, sandwich dan tidak terkecuali salad. Selada sendiri mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin A yang tinggi dan juga folat. Selada juga mengandung beta-karoten yang dapat membantu mencegah kita agar terhindar kanker, katarak dan penyakit jantung. Maka dari itu, tidak heran mengapa selada menjadi salah satu sayuran hijau populer yang banyak dikonsumsi.

3. Romaine

Pernahkah kamu mendengar jenis sayuran hijau yang satu ini? Romaine merupakan sayuran sejenis selada yang berasal dari Yunani. Sayuran ini memiliki warna hijau yang lebih gelap, daun yang panjang dan memiliki tekstur yang kasar. Sayuran ini dapat memenuhi kebutuhan harian seperti folat, vitamin A, dan vitamin K. Perlu kamu ketahui juga bahwa Romaine merupakan sumber potasium yang baik, yang telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA:

4. Dandelion

Sayuran dandelion juga kerap kita temukan pada salad sayur. Mengapa banyak orang memasukkan dandelion ke dalam campuran salad mereka? Hal ini lantaran dandelion mengandung mengandung vitamin B6 yang membantu tubuh mengubah makanan menjadi bahan bakar, memetabolisme lemak dan protein, menjaga fungsi saraf, serta menghasilkan sel darah merah.

5. Kale

kale
Source: Freepik
Selain selada, kale juga cukup populer keberadaannya bagi seseorang yang sering mengkonsumsi salad sayur. Alasannya karena kale mengandung kebutuhan vitamin A, C dan K yang berfungsi sebagai protein yang diperlukan untuk pembekuan darah normal, membangun tulang yang lebih kuat, dan melindungi diri dari osteoporosis.

6. Selada Air

sayuran sehat
Source: Freepik
Banyak yang berpikir bahwa selada dan selada air adalah jenis sayuran yang sama. Meskipun berasal dari tumbuhan yang sama namun keduanya berbeda. Selada air lebih kaya akan nutrisi jika kamu bandingkan dengan selada biasa. Selada air tidak begitu populer di Indonesia namun sangat populer keberadaannya di benua Eropa.
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *